Dispendik Surabaya Siapkan Klinik Sahabat Bagi Pelajar SD dan SMP

- 26 Mei 2023, 15:54 WIB
Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya Yusuf Masruh
Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya Yusuf Masruh /Foto: Antara Jatim/

RINGTIMES JATIM - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya telah mengambil langkah untuk menyediakan Klinik Sahabat di setiap sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) baik negeri maupun swasta di wilayah Surabaya. 

Klinik Sahabat ini akan menjadi tempat bagi para siswa untuk mengutarakan perasaan mereka alias curhat di masing-masing sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Yusuf Masruh, dalam pernyataannya di Surabaya pada hari Jumat, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan perwakilan Organisasi Pelajar Surabaya (ORPRES), Forum Anak Surabaya (FAS), Duta Trantibum, serta Pangeran dan Putri Lingkungan untuk menentukan kebutuhan dan keinginan anak-anak di Kota Pahlawan.

"Klinik Sahabat direncanakan akan dibuka pada tahun ajaran baru 2023/2024," katanya, melansir dari Antara Jatim. 

Baca Juga: Membanggakan! Kediri Raih WTP Sembilan Tahun Berturut-turut

Yusuf menjelaskan bahwa nantinya fasilitas ini tidak hanya akan disediakan oleh Dispendik, tetapi juga melibatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-PPKB).

"Sehingga, sekolah akan memiliki para motivator untuk anak-anak, sehingga mereka merasa aman dan nyaman untuk berbicara dengan teman sebaya mereka maupun guru di sekolah," ujar Yusuf.

Yusuf juga menjelaskan bahwa Klinik Sahabat merupakan salah satu ruang terbuka bagi anak-anak untuk mengungkapkan keinginan dan keluh kesah mereka.

"Di sana akan ada para relawan dari Duta Trantibum, FAS, OSIS, ORPRES, PMR (Palang Merah Remaja), serta Pangeran dan Putri Lingkungan yang akan memfasilitasi curhatan anak-anak. Tentu saja, guru BK (bimbingan konseling) di sekolah akan bertanggung jawab atas kegiatan ini," jelasnya.

Halaman:

Editor: Heri Muftach Ridho

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x