Napi Terorisme di Lapas Surabaya Dapat Pendampingan Psikologis dari Kemenkumham Jatim

- 26 Mei 2023, 16:47 WIB
Kemenkumham Jatim beri pendampingan psikologis kepada napi terorisme di Lapas Surabaya
Kemenkumham Jatim beri pendampingan psikologis kepada napi terorisme di Lapas Surabaya /Antara/

RINGTIMES JATIM- Narapidana (napi) terorisme di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo mendapat pendampingan psikologis dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari dilansir dari Antara pada Rabu, 24 Mei 2023.

"Per Februari 2023 ada 20 orang warga binaan kami di sembilan lapas di Jawa Timur dari kasus terorisme dimana tiga orang di antaranya divonis seumur hidup,” katanya.

Baca Juga: Cek Jadwal SIM Keliling Bangkalan Hari Ini: 27 Mei 2023

Jumlah tersebut mengalami penurunanan jika dibandingkan pada bulan yang sama di tahun sebelumnya yang mencapai 38 orang napi teroris.

Penurunan signifikan tersebut dikatakan Imam cukup berpengaruh pada kondisi psikologis napi teroris yang masih ditahan di lapas.

Sebagian besar napi melihat sendiri teman-temannya yang sebelumnya telah bebas sehingga mempertanyakan hal yang sama, yaitu mengenai waktu kebebasannya. 

"Kondisi ini yang harus kami antisipasi agar mereka tidak berpikir yang aneh-aneh," lanjutnya. 

Oleh sebab itu, Kanwil Kemenkumham Jatim menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melakukan pendekatan kepada napi teroris yang ada.

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x