Gelar Pelatihan BUMDes, Pemkab Trenggalek: Upaya Tingkatkan Kapasitas dan Keahlian

- 28 Mei 2023, 15:22 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menggelar pelatihan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) yang ada di wilayahnya.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menggelar pelatihan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) yang ada di wilayahnya. /istimewa/

RINGTIMES JATIM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menggelar pelatihan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) yang ada di wilayahnya. 

Pelatihan tersebut digelar sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan keahlian dalam mengelola potensi desanya.

"Salah satu yang sudah dan akan terus kami lakukan adalah dengan memberi pembekalan dan pelatihan kepada para pengelola BUMDes, seperti yang baru digelar dengan menghadirkan ahli dari Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BBPPM) Yogyakarta," kata Sekda Trenggalek Edy Soepriyanto dikutip dari Antara pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Baca Juga: Buka Festival Mangrove, Bupati Trenggalek: Bukti Nyata Perhatian Gubernur Khofifah

Program pelatihan yang sudah dirancang dan dipersiapkan sebelumnya tersebut diikuti sebanyak 30 pengelola BUMDes dari berbagai desa di Trenggalek. 

Para peserta mendapatkan pembekalan dan pengetahuan seputar pengelolaan potensi desa selama empat hari, terhitung sejak Rabu, 24 Mei 2023 hingga Sabtu, 27 Mei 2023.

Baik secara teori maupun praktik, mengenai kebijakan pemerintah dan regulasi BUMDes, pengelolaan bisnis hingga menjalin jejaring dan kerja sama, pemasaran produk, toko daring atau e-commerce, pelaporan keuangan, penyusunan RKTL (rencana kerja tindak lanjut) hingga evaluasi manajemen BUMDes.

"Diharapkan pengelolaan potensi desa bisa kolektif dan mempunyai ciri khas yang menjadi identitas sebuah desa," ujarnya.

Edy menambahkan, pelatihan tersebut sejalan dengan usaha Pemkab Trenggalek dalam mewujudkan kemajuan ekonomi rakyatnya sebagaimana termaktub dalam jargon "Trenggalek Meroket".

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x