Pascakebakaran, Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Kembali Dibuka

- 31 Mei 2023, 22:06 WIB
Tampilan Gunung Arjuno-Welirang dari tol Malang
Tampilan Gunung Arjuno-Welirang dari tol Malang /Twitter @frenly74/

RINGTIMES JATIM- Unit Pengelola Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo menyatakan pendakian Gunung Arjuno-Welirang di wilayah Jawa Timur, kembali dibuka setelah peristiwa kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

Saat ini kebakaran di kawasan Gunung Arjuno tersebut sudah padam, sehingga kembali dibuka untuk aktivitas pendakian.

"Sudah dibuka kembali, kondisi sudah padam," ujar singkat Kepala Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi pada Senin, 29 Mei 2023.

Baca Juga: Serukan Bangga Produk Dalam Negeri, Wabup Magetan Dorong OPD Transaksi Melalui E-purchasing

Wahyudi membeberkan, kebakaran yang terjadi di wilayah Gumandar, Kabupaten Pasuruan tersebut sebelumnya menyebabkan areal seluas 58 hektare mengalami kerusakan. Dan kini, Tahura Raden Soerjo tengah melakukan pengamatan pasca-peristiwa kebakaran yang terjadi pada 25 Mei 2023.

Menurutnya, dengan status sebagai Cagar Biosfer oleh The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) diharapkan akan ada perbaikan alam secara alami, mengingat material yang terbakar mayoritas adalah semak-semak.

"Kita akan lihat kondisi alam bagaimana, kalau bisa suksesi alami, akan alami. Kawasan konservasi seperti itu. Kemarin yang terbakar mayoritas semak-semak, bukan pepohonan," ujarnya. 

Meski demikian, ia tetap mengimbau kepada para pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Arjuno-Welirang diharapkan untuk waspada akan adanya potensi kebakaran, mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim panas.

Selain itu, para pendaki juga diharapkan untuk waspada dalam menggunakan peralatan khususnya pada saat memasak, tidak membuat api unggun dan membawa cadangan air yang mencukupi untuk menghindari dehidrasi.

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x