Beberapa Efek Samping Konsumsi Kopi yang Berlebihan bagi Tubuh

- 9 April 2023, 17:30 WIB
Anak remaja bisa hipertensi, salah satu penyebabnya terlalu banyak konsumsi kopi.
Anak remaja bisa hipertensi, salah satu penyebabnya terlalu banyak konsumsi kopi. /Pixabay/Christop/

RINGTIMES JATIM – Kopi merupakan minuman yang lazim dikonsumsi oleh banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Pada umumnya, minuman ini mengandung zat kafein.

Tidak hanya kopi, minuman lain seperti teh juga memiliki kandungan kafein yang setara. Keduanya dapat menjadi pembangkit semangat dan teman yang baik saat bekerja.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai saat mengonsumsi kopi secara berlebih. Setidaknya, Anda harus memiliki takaran yang pas untuk konsumsi hariannya.

Baca juga: Cek Jadwal SIM Keliling Bangkalan Hari Ini: 10 April 2023

Ada beberapa efek samping yang mengancam kesehatan tubuh Anda saat mengonsumsi kopi atau teh lebih banyak daripada air putih, redaksi merangkum beberapa di bawah ini.

Resiko Mengonsumsi Kopi Berlebihan Sebabkan Diabetes

Takaran gula yang berlebih untuk konsumsi setiap hari dapat menyebabkan akibat buruk berupa penyakit diabetes. Penyakit tersebut akibat kadar gula berlebih di tubuh.

Terlebih, sajian kopi yang ada saat ini tidak hanya mengandalkan biji kopi murni dengan gula pasir alami. Akan tetapi sudah ada banyak tambahan termasuk bahan kimia.

Baca juga: Erling Haaland Puncaki Kelasemen Top Skor, 5 Gol Lagi untuk Pecahkan Rekor Sepanjang Masa

Ada banyak pemanis buatan dan pengawet di dalam produk-produk instan. Seperti yang Anda lihat, juga ada pewarna kimia yang membuat kopi terlihat menarik.

Semua bahan tersebut selain menyebabkan diabetes juga bisa merusak fungsi organ dalam lainnya seperti ginjal, hati dan jantung.

Halaman:

Editor: Heri Muftach Ridho

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x