Penjualan Kerajinan Lampion di Jombang Meningkat Pesat di Bulan Ramadhan hingga Lebaran

- 20 April 2023, 21:00 WIB
Pengrajin kerajinan lampion kebanjiran order jelang momen Lebaran Idul Fitri
Pengrajin kerajinan lampion kebanjiran order jelang momen Lebaran Idul Fitri /ANTARA/ HO-dokumen

RINGTIMES JATIM – Kerajinan lampion hiasan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur saat ini mendapatkan pesanan yang meningkat tinggi jelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Salah seorang perajin lampion, Eeng Tri Anjuni (40) mengungkapkan bahwa pesanan yang ia terima sempat membanjir. Bahkan pesanan ini terus meningkat dari awal Ramadhan.

Lampion sendiri merupakan hiasan yang umum digunakan saat hari raya, tidak hanya di Idul Fitri saja, tetapi juga untuk pasar malam, event, dan hari raya agama lainnya.

Baca juga: Apakah Bisa Pesan Tiket Kereta Api H-1 Lebaran? Cek Caranya Di Sini

"Pesanan cukup banyak. Saya sudah setor ke Tulungagung dan Kediri 500 lampion. Ini juga buat lagi untuk stok di rumah, untuk kebutuhan lokal saja" kata Eeng pada hari Kamis.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa usahanya ini merupakan kegiatan yang sudah sangat lama ia tekuni. Sejak belum memiliki pelanggan, hingga kini kebanjiran order.

Di tahun 2022 lalu, Eeng hanya mampu menjual 500 buah kerajinan lampion. Saat ini, sudah ada sekitar 800-an lampion yang bisa ia edarkan di sekitar Jawa Timur.

Baca juga: 3 Rekomendasi Wisata Pantai Pamekasan yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Libur Lebaran 2023

Di antara kota-kota di Jawa Timur yang paling banyak meminta produk kerajinan lampion dari Eeng adalah Kediri, Tulungagung, dan Blitar, juga beberapa kota lainnya.

Memang, pengerjaan kerajinan lampion ini butuh ketelitian dan ketelatenan yang luar biasa. Ia membuat rangka lampion kemudian menutupnya dengan kertas, disatukan dengan lem.

Halaman:

Editor: Heri Muftach Ridho

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah