Rutan Situbondo dan Unars Bekerjasama Latih Warga Binaan Budidaya Lele

- 17 Mei 2023, 08:30 WIB
Rutan Situbondo dan Unars Bekerjasama Latih Warga Binaan Budidaya Lele
Rutan Situbondo dan Unars Bekerjasama Latih Warga Binaan Budidaya Lele /Antara Jatim/

RINGTIMES JATIM - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo bekerjasama dengan Universitas Abdurahman Saleh (Unars) untuk melatih para narapidana dalam budi daya ikan lele.

Melansir dari Antara Jatim, Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan, menjelaskan bahwa dalam kerja sama tersebut, telah dilakukan penyebaran 2.000 benih lele di sarana asimilasi edukasi, yang merupakan area pembinaan bagi narapidana Rutan tersebut.

Menurut Rudi, sarana asimilasi edukasi di Rutan Situbondo tidak hanya memiliki kolam ikan lele, tetapi juga terdapat tanaman hidroponik yang dikelola oleh narapidana menggunakan pipa.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Catatan di Android Tanpa Gangguan Iklan

"Sarana asimilasi edukasi ini terdapat berbagai macam pembinaan untuk mempersiapkan warga binaan ketika sudah selesai menjalani masa hukumannya sudah punya kemampuan menjadi seorang pengusaha," katanya di Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Tujuan dari sarana asimilasi edukasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada narapidana agar mereka memiliki bekal saat kembali ke masyarakat setelah menjalani hukuman.

Rudi berharap bahwa dengan adanya bekal tersebut, para narapidana tidak akan kesulitan ketika keluar dari penjara dan dapat dengan mudah berintegrasi dengan masyarakat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kondisi HP yang Cepat Panas Saat Digunakan

Di Rutan Situbondo, selain sarana asimilasi edukasi, para narapidana juga mendapatkan pelatihan keterampilan seperti perbengkelan, pembuatan mebel, dan pembuatan kue bagi narapidana perempuan.

Halaman:

Editor: Heri Muftach Ridho

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x