Pemkab Situbondo Berikan Operasi Gratis Bagi Penderita Katarak

- 8 Juni 2023, 07:15 WIB
Illustrasi mata terkait penyakit mata
Illustrasi mata terkait penyakit mata /Tangkapan layar YouTube /DRV Channel

RINGTIMES JATIM - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akan menyelenggarakan pemeriksaan dan operasi katarak gratis selama empat hari mulai tanggal 11 hingga 14 Juli 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Shandy Hendrayono, mengungkapkan bahwa program ini dilakukan bekerja sama dengan lembaga sosial John Fawcett Foundation (JFF).

Shandy menyatakan bahwa saat ini mereka sedang melakukan pendataan nama-nama warga yang telah mendaftar dan mengeluhkan masalah kesehatan mata di setiap Puskesmas.

Baca Juga: Cek Jadwal SIM Keliling Bangkalan Hari Ini: 8 Juni 2023

"Saat ini kami sedang melakukan pendataan nama-nama warga yang sudah mendaftar dan punya keluhan mengenai kesehatan mata dari masing-masing Puskesmas," katanya, melansir dari Antara Jatim. 

Menurutnya, jumlah penderita katarak di Situbondo seperti fenomena gunung es, di mana jumlah yang tercatat sebagai penderita katarak lebih sedikit dibandingkan yang tidak tercatat.

Data menunjukkan bahwa jumlah penderita katarak di Situbondo masih sekitar satu persen dari total jumlah penduduk sekitar 640.000 orang.

Dalam upaya mengurangi kebutaan akibat katarak, Shandy berharap program operasi katarak gratis dapat memberikan dampak positif.

Baca Juga: Kiat-Kiat yang Perlu Anda Ketahui untuk Mendorong Kreativitas Dalam Pendidikan Anak

Halaman:

Editor: Heri Muftach Ridho

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x