PRMN x Eiger: Meliput Berita di Alam Bebas dan Saat Siaga Bencana, Keberanian dalam Keterampilan Jurnalistik

- 6 Desember 2023, 15:47 WIB
Eiger mengundang pembicara Galih Donikara salah satu tim EAST Eiger dan pendaki senior Djukardi yang akrab disapa Kang Bongkeng untuk berbagi pengalamannya yang bertema
Eiger mengundang pembicara Galih Donikara salah satu tim EAST Eiger dan pendaki senior Djukardi yang akrab disapa Kang Bongkeng untuk berbagi pengalamannya yang bertema /Dok/PRMN/

RINGTIMES JATIM - Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) hadir bersama Eiger memberikan edukasi kepada para jurnalis dalam acara Journalist Camp se-Jawa Timur dan Bali pada tanggal 30 November hingga 1 Desember 2023, bertempat di Greenrock, Malang, Jawa Timur.

Eiger turut mengundang Galih Donikara salah satu tim EAST Eiger dan pendaki senior Djukardi yang akrab disapa Kang Bongkeng untuk berbagi pengalamannya yang bertema "Preparing How We Reporting Under Extreme Conditions/Disaster Coverage".

Dalam kesempatan tersebut, keduanya bercerita tentang pengalaman bagaimana menaklukkan gunung-gunung di berbagai cuaca dan kondisi, tentang bagaimana cara "menaklukkan alam".

Meliput berita di alam bebas, apalagi saat siaga bencana bukanlah tugas yang mudah. Seorang jurnalis yang terlibat dalam meliput kejadian ini harus memiliki keterampilan, keberanian, dan pengetahuan yang luas tentang lingkungan serta potensi bahaya yang mungkin dihadapi.

Baca Juga: Marsha dan Muthe JKT48 Sukses Pandu Sesi Shopee Live Streaming, Seru dan Bikin Heboh

Dalam kondisi alam bebas, kehati-hatian adalah kunci. Setiap langkah harus dipertimbangkan dengan cermat, mempertimbangkan keselamatan diri sendiri dan tim, sambil tetap fokus pada tugas utama: menyampaikan informasi yang akurat kepada pembaca.

Pentingnya keterampilan dalam navigasi di alam terbuka tidak boleh diabaikan. Seorang jurnalis perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang geografi, cuaca, dan ekologi setiap daerah yang diliputnya.

Keterampilan bertahan hidup juga terbukti sangat penting; memahami cara berperilaku dan bertindak di alam bebas akan menjadi pengetahuan yang amat berguna saat menghadapi situasi yang sulit atau darurat.

Namun, ketika bencana alam melanda, tanggung jawab jurnalis menjadi semakin kritis. Selain menghadapi risiko pribadi, mereka juga harus memastikan informasi yang disampaikan adalah akurat dan dapat dipercaya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x