Jelang Lebaran, Pelabuhan Jangkat Perluas Kapasitas Penumpang Kapal Hingga 2 Kali Lipat

- 13 April 2023, 18:00 WIB
Otoritas Pelabuhan Jangkar berikan izin perluas kapasitas kapal hingga 2 kali lipat pada arus mudik lebaran
Otoritas Pelabuhan Jangkar berikan izin perluas kapasitas kapal hingga 2 kali lipat pada arus mudik lebaran /ANTARA/Novi Husdinariyanto

RINGTIMES JATIM – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 144 Hijriyah, sejumlah angkutan umum di berbagai daerah mengalami lonjakan angka penumpang yang sangat tinggi.

Dibandingkan hari-hari biasa, jumlah penumpang yang naik di angkutan umum pada arus mudik Lebaran bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat.

Hal ini juga terjadi di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Otoritas pelabuhan setempat memberikan izin khusus bagi kapal untuk mengangkut di luar kapasitas.

Kebijakan tersebut diungkapkan langsung oleh Koordinator satuan pelayanan Pelabuhan Jangkar, Eko Rachman, sebagaimana yang tertulis di laman ANTARA Jatim.

Baca juga: Pemkot Surabaya Rilis Aplikasi Sayang Warga Sebagai Bentuk Digitalisasi Layanan Publik

“Sebelumnya sudah ada pengajuan penambahan kapasitas muatan atau tambahan jumlah penumpang. Kapasitas sebelumnya sekitar 200 penumpang sudah diubah (dispensasi) 500 penumpang," ucap Eko Rachman, Kamis 13 April 2023.

Saat ini, KMP Dharma Kartika yang memiliki kapasitas 200 penumpang diberikan izin khusus selama arus mudik untuk mengangkut hingga 508 penumpang.

Rinciannya, sebanyak 508 penumpang tersebut terdiri dari 280 laki-laki serta 228 perempuan. Sementara itu, juga terdapat 46 sepeda motor dan 7 unit roda empat.

Penetapan izin penambahan kapasitas ini sebelumnya merupakan bentuk permohonan dari pihak perusahaan kapal kepada Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

Baca juga: Satlantas Polres Trenggalek Amankan 51 Motor Modifikasi saat Razia Balap Liar

Halaman:

Editor: Heri Muftach Ridho

Sumber: ANTARA Jatim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah