Rayakan Lebaran, 1.833 Warga Terdampak Bencana Semeru di Lumajang Dapat Hunian Baru

- 23 April 2023, 18:30 WIB
Kawasan relokasi bagi penyintas bencana erupsi Semeru di Bumi Semeru Damai di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang
Kawasan relokasi bagi penyintas bencana erupsi Semeru di Bumi Semeru Damai di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang /Antara/

RINGTIMES JATIM- Ribuan warga yang merupakan korban terdampak bencana erupsi dan awan panas guguran Gunung Semeru, akhirnya bisa merayakan Lebaran 2023 di hunian baru.

Hunian tetap maupun hunian sementara sama-sama terletak di kawasan relokasi Bumi Semeru Damai di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Tahun ini tercatat 1.833 kepala keluarga (KK) penyintas sudah menempati hunian baru, sehingga dapat berkumpul dan merayakan Hari Raya Idul Fitri di tempat yang lebih aman dan nyaman bersama keluarganya,” kata petugas Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Kustari Sumardi pada Minggu, 23 April 2023 dilansir dari Antara.

Baca Juga: Wabup Probolinggo Dampingi Mahfud MD Kunjungi Ponpes Nurul Jadid

Sekitar 1.833 KK tersebut telah menempati hunian baru di tempat relokasi Bumi Semeru Damai yang disediakan oleh pemerintah dan bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan Lebaran 2023.

Kustari mengatakan, awalnya penyerahan kunci hunian tahap pertama kepada 130 KK dilaksanakan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau tepatnya setahun lalu.

“Kami lega karena di tahun pertama pascaerupsi Semeru sudah ada 130 KK yang telah menempati hunian baru dan mereka bisa merayakan Lebaran 2022, namun kini jumlah penyintas yang menghuni kawasan relokasi semakin banyak,” tambahnya.

Sementara itu, Sumiati, seorang nenek berusia 65 tahun yang merupakan salah penyintas bersyukur masih bisa selamat bersama kerabatnya dari bencana awan panas guguran Semeru pada tahun 2021 dan diberikan kesehatan hingga kini di kawasan relokasi para penyitas bencana Semeru.

Baca Juga: Ramai, 84.765 kendaraan telah melintasi Jalan Tol Ngawi-Kertosono

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah