Dosen UM Malang Ciptakan Minuman Antioksidan Dari Sari Bunga Mawar

- 28 April 2023, 06:00 WIB
Elfi Anis Saati bersama produk yang ia kembangkan
Elfi Anis Saati bersama produk yang ia kembangkan /twitter @muhammadiyah/

RINGTIMES JATIM- Prof Dr Elfi Anis Saati seorang Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan inovasi di bidang kesehatan.

Ia berhasil mengubah sari bunga mawar menjadi minuman kaya antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penyakit hati dan ginjal.

Minuman dari sari bunga mawar yang ia beri nama Elviza tersebut meraih juara pertama kompetisi produk kreatif yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan bersama perwakilan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif pada pertengahan bulan April 2023.

Baca Juga: Arus Balik, Volume Kendaraan di Empat Tol Jatim Alami Peningkatan

“Berawal dari penelitian saya pada 2002 tentang pigmen. Saya menemukan mawar lokal tabur mengandung antioksidan yang bagus,” katanya pada Kamis, 27 April 2023 dikutip dari Antara.

Antioksidan yang ia maksud di antaranya adalah vitamin C, minyak atsiri, antosianin, hingga zink yang ketika dilakukan uji coba ke tikus, kandungan tersebut terbukti mampu mencegah penyakit hati dan ginjal.

Karena banyaknya manfaat yang terkandung, Elfi kemudian mengubah pigmen sari mawar menjadi olahan minuman sari bunga pada 2017 dan mendapatkan sertifikasi halal pada 2019.

Di sisi lain, Elfi yang berasal dari Pasuruan tersebut mengatakan bahwa ia sering melihat bunga mawar banyak dibuang ke sungai ketika panen raya.

Bagaimana tidak, sebanyak 80-100 kuntum bunga mawar biasanya hanya dihargai sekitar Rp 5 ribu.

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah