Siap Siaga, BPBD Jawa Timur Simulasi Bencana Saat Arus Balik

- 28 April 2023, 07:00 WIB
BPBD Provinsi Jawa Timur turut berpartisipasi dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2023 di Kantor BPBD Provinsi Jawa Timur
BPBD Provinsi Jawa Timur turut berpartisipasi dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2023 di Kantor BPBD Provinsi Jawa Timur /Antara/

RINGTIMES JATIM- Sebagai peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar kegiatan simulasi di tengah pantauan arus balik Lebaran.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya, seperti yang diungkapkan Pengolah Data BPBD Provinsi Jatim Suprapto pada Kamis, 28 April 2023 dikutip dari Antara.

“Simulasi dan evakuasi mandiri wajib dilakukan secara berkala untuk memperkuat kesiapsiagaan dan membangun ketangguhan,” katanya.

Baca Juga: Dibuka, Jembatan Gladak Perak Lumajang Ramai Diserbu Wisatawan

Selain itu, meskipun di tengah kondisi giat operasi arus balik, peringatan HKB juga wajib dilakukan karena sebagai bentuk kesiapan personil serta sosialisasi kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di kantor BPBD Jatim pada Rabu, 26 April 2023 tepat pukul 10.00 WIB dan diikuti sebanyak 120 pegawai.

Selain melaksanakan simulasi evakuasi dengan skenario bencana gempa bumi, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk menguji sirene yang terpasang pada bangunan kantor.

Saat bunyi sirene menandai adanya gempa bumi, para pegawai yang sedang beraktivitas dalam kantor bergegas melakukan upaya kesiapsiagaan.

Mereka berlindung di bawah meja yang kokoh, yang selanjutnya melakukan evakuasi mandiri ke titik kumpul di sekitar bangunan.

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah