Perhatikan Konsumsi Air Putih Setiap Hari, Ini Manfaat dan Risikonya

- 10 April 2023, 12:00 WIB
 Ilustrasi seseorang minum air putih /pexels.com @Artem Podrez
Ilustrasi seseorang minum air putih /pexels.com @Artem Podrez /

RINGTIMES JATIM – Air putih memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh makhluk hidup. Seperti halnya udara, unsur tersebut tidak bisa terpisah dari kebutuhan sehari-hari.

Namun, belakangan ini banyak orang yang menyepelekan kebutuhan air putih ini bagi kesehatan. Konsumsi jenis minuman lain seperti kopi dan teh menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Sampaikan Ucapan Selamat Untuk HUT TNI AU Ke 77

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda perhatikan jika mengonsumsi air putih secara teratur, dan juga resiko apabila kekurangan unsur tersebut bagi tubuh.

Manfaat Minum Air Putih, Menjaga Tubuh Tetap Segar

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, awet muda, serta ketajaman konsentrasi, paling tidak Anda harus memenuhi kebutuhan air putih 8 gelas per harinya.

Baca juga: Gubernur Jatim, Khofifah Sambangi Ratusan Anak Yatim di Jember Dalam Kegiatan Safari Ramadhan

Sebagai penyeimbang, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti buah buahan dan sayur, mengurangi campuran bahan kimia seperti mi instan, kopi sachet, dan lain-lain.

Dehidrasi

Risiko pertama yang mungkin dapat Anda alami adalah dehidrasi. Seperti pada umumnya, dehidrasi disebabkan oleh kurangnya asupan air di dalam tubuh.

Terkadang sesorang tidak dapat memahami gejala-gejala dehidrasi dan membiarkannya begitu saja. Hal ini tentu tidak dapat dibenarkan.

Merawat Fungsi Organ Dalam

Air putih juga memiliki fungsi sebagai pengantar oksigen dan penetralisir racun di dalam tubuh. Dengan meminumnya setiap hari sesuai kebutuhan, organ dalam akan berfungsi lancar.

Halaman:

Editor: Heri Muftach Ridho

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x