Serukan Bangga Produk Dalam Negeri, Wabup Magetan Dorong OPD Transaksi Melalui E-purchasing

- 31 Mei 2023, 21:40 WIB
Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti di sela kegiatan.
Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti di sela kegiatan. /Antara/

RINGTIMES JATIM- Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti mendorong seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan untuk meningkatkan transaksi melalui katalog elektronik atau "e-purchasing".

Seruan tersebut dikatakannya sebagai wujud bangga penggunaan produk dalam negeri serta mempercepat penyerapan anggaran.

"Kepada semua OPD diharapkan untuk bisa meningkatkan transaksi melalui e-purchasing minimal 30 persen transaksi," ujarnya dikutip dari Antara pada Selasa, 30 Mei 2023.

Baca Juga: Stabilkan Harga, Pemkab Madiun Gelar Operasi Pasar

Hal itu dapat dilakukan melalui katalog elektronik lokal, regional, maupun nasional, atau juga bisa melalui toko daring Jatim Bejo.

Sesuai data saat ini, di Kabupaten Magetan sudah ada 30 etalase katalog elektronik lokal, selain toko daring "Jawa Timur Belanja Online" (Jatim Bejo).

Pihaknya berharap pemerintah dan pelaku UMKM terus bersinergi untuk terus mendongkrak transaksi melalui e-purchasing tersebut.

Lanjutnya, para pelaku UMKM juga harus terus melakukan peningkatan pada produknya, sebab ke depan, produk tersebut akan banyak digunakan, termasuk juga oleh pasar pemerintahan baik daerah maupun pusat.

Selain itu, Nanik menerangkan bahwa Pemkab Magetan juga memiliki beberapa program untuk peningkatan kualitas produk UMKM, di antaranya pelaksanaan pelatihan, pemberian bantuan, dan juga pendampingan.

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x