Presiden Jokowi Rekrut 2,3 Juta ASN Tahun 2024, Prioritaskan Seleksi Fresh Graduate

- 6 Januari 2024, 11:50 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait penerimaan CASN tahun 2024 di Istana Merdeka, Jakarta. 5 Januari 2024
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait penerimaan CASN tahun 2024 di Istana Merdeka, Jakarta. 5 Januari 2024 / YouTube/ @SekretariatPresiden

RINGTIMES JATIM – Presiden Joko Widodo mengumumkan pembukaan seleksi calon aparatur sipil Negara (ASN) tahun 2024.

Kemenpan RB merilis jumlah total rekrutmen ASN pada 2024 mencapai 2,3 juta formasi.

Presiden mengatakan, ASN kini disiapkan untuk menghadapi disrupsi teknologi yang semakin pesat. Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu.

Baca Juga: Viral Video Saipul Jamil Diduga Ditangkap di Jakarta Barat, Begini Penjelasan Polisi

“Penguatan SDM yang terampil ini juga untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), serta mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional,” ungkap Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menpan RB Abdullah Azwar Anas memberi penjelasan tambahan bahwa tahun ini pemerintah juga memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi.

“Fresh graduate untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya,” jelas Anas.

Usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat 5 Januari 2023 Menteri Anas merinci kebutuhan formasi ASN.

Baca Juga: Penerbangan Langsung Kendari-Surabaya PP kembali dibuka mulai 19 Januari 2024

Anas menyatakan instansi pusat mendapat formasi kebutuhan 429.183 yang terdiri atas 207.247 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 221.936 bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah