Ratusan WNI Dievakuasi dari Sudan, Gubernur Jatim Siapkan Penjemputan Warganya

- 28 April 2023, 08:00 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa /Pemprov Jatim/

RINGTIMES JATIM- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bergerak cepat memfasilitasi penjemputan warganya setelah ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) dievakuasi dari wilayah konflik militer di negara Sudan.

Berdasarkan catatan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) usai pemutakhiran, terdapat sebanyak 937 WNI yang saat ini berada di Khartoum, ibu kota Sudan.

Dari jumlah tersebut, 897 WNI telah berhasil dievakuasi dari wilayah konflik dan 557 WNI di antaranya sudah berada di Jeddah, Arab Saudi.

Baca Juga: Dibuka, Jembatan Gladak Perak Lumajang Ramai Diserbu Wisatawan

Sedangkan sebagian sisanya berada di Port Sudan, yang dalam waktu dekat akan segera diterbangkan menuju Indonesia.

“Berkat upaya Kemenlu dan TNI sebagian besar WNI di Sudan telah berhasil dievakuasi ke tempat yang aman,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dikutip dari Antara pada Kamis, 27 April 2023.

Khofifah mengapresiasi langkah cepat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang telah melakukan evakuasi.

“Kami akan melanjutkan proses evakuasi WNI khususnya warga Jatim begitu tiba di Indonesia. Kami akan siapkan penjemputan bagi warga Jatim untuk bisa pulang ke daerah asalnya,” lanjutnya.

Penjemputan bagi warga Jatim yang sudah tiba di Jakarta akan dilakukan dengan menggunakan kendaraan jalur darat.

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah