Gelar Pemeriksaan, Dinkes Kota Madiun Deteksi Dini Kanker Serviks

- 31 Mei 2023, 08:51 WIB
Antrian wanita yang akan melakukan pemeriksaan IVA.
Antrian wanita yang akan melakukan pemeriksaan IVA. /Antara/

RINGTIMES JATIM- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes dan PPKB) Kota Madiun, Jatim menggelar pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA). 

Seperti yang dikatakan Subkoordinator Usia Produktif, Usia Lanjut, Jiwa, dan Napza Dinkes PPKB Kota Madiun, drg Tri Hari Wahyuningtyas saat pelaksanaan IVA di Puskesmas Manguharjo Kota Madiun. 

Ia mengatakan, pemeriksaan tersebut sebagai upaya deteksi dini kanker serviks yang menyasar kepada sejumlah perempuan usia produktif pada kisaran 30 tahun hingga 50 tahun. 

Baca Juga: Bupati Madiun Lepas Keberangkatan 440 Calon Haji

"Atau di bawah usia itu tapi sudah aktif berhubungan seksual. Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya risiko yang mengarah ke kanker rahim. Hari ini plus pemeriksaan deteksi dini kanker payudara," terangnya. 

Menurut Tri, Pemkot Madiun melalui Dinkes, memiliki target 10 persen dari wanita usia subur harus dilakukan pemeriksaan IVA. 

Di Puskesmas Manguharjo sendiri, dalam satu tahun ada 240 wanita usia subur yang menjalani pemeriksaan dan dibagi dalam tiga sesi.

"Pemeriksaannya dilakukan bulan Mei, Juli, dan September. Tiap sesi ada 80 perempuan yang diperiksa. Semakin kesini mereka cukup antusias mengikuti pemeriksaan ini," lanjutnya. 

Menurut hasil temuan, kasus kanker leher rahim di Kota Madiun relatif minim, yaitu misalnya pada 1.200 perempuan yang ikut pemeriksaan IVA, temuan yang ada tidak mencapai 10 orang. 

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x