DLH Kota Madiun Uji Kualitas Udara di Sejumlah Titik Pantau

- 31 Mei 2023, 19:34 WIB
DLH Kota Madiun lakukan uji kualitas udara di beberapa titik pantau.
DLH Kota Madiun lakukan uji kualitas udara di beberapa titik pantau. /Antara/

RINGTIMES JATIM- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Madiun menggelar uji kualitas udara di sejumlah titik pantau yang bertujuan untuk mengetahui Indeks Kualitas Udara (IKU) atau mutu udara di daerah tersebut. 

Seperti yang diungkapkan Analis Kimia DLH Kota Madiun Annita Yuli Mayasari, dikutip dari Antara pada Selasa, 30 Mei 2023.

Annita mengatakan, uji kualitas udara tersebut dilakukan di lima titik pantau berbeda di wilayah itu, yakni kawasan industri, permukiman, perkantoran, wilayah padat transportasi, dan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Secara rinci, titik pantau kawasan industri di Jalan Mendut, Kelurahan Patihan, lalu permukiman diambil di kawasan Perumahan Bumi Antariksa.

Baca Juga: Gelar Pemeriksaan, Dinkes Kota Madiun Deteksi Dini Kanker Serviks

Kemudian area perkantoran di kawasan Pahlawan Street Center, Jalan Pahlawan, untuk area padat transportasi diambil di Jalan Urip Sumoharjo, serta empat pembuangan sampah di TPA Winongo.

Dirinya menerangkan, uji kualitas udara dilakukan dua kali dalam satu tahun, biasanya pada Maret dan Mei, atau Juni.

Karena dilakukan secara periodik, maka pengujian dilakukan di tempat yang sama yang mempresentasikan lokasi transportasi, perkantoran, perumahan, dan industri.

Secara umum kualitas udara di Kota Madiun masih baik, yakni mencapai 84.17 persen. Hal itu sesuai profil indeks kualitas lingkungan hidup Kota Madiun yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun lalu.

Halaman:

Editor: Fitri Anggiawati


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x